Senin, 03 Agustus 2015

Berbuka Puasa dengan Es Pisang

Es Pisang Ijo sebagai salah satu makanan khas pada Makassar. Makanan khas ini juga jadi menu andalan untuk warga Makassar untuk berbuka puasa melepas dahaga dan lapar. Es Pisang Ijo tersebut terdiri daripisang raja yang dibungkus dengan adonan tepung berwarna hijau.

Selain tersebut begitu juga, pisang ijo menggapai saus terbuat dari santan. Untuk menambah rasa nikmatnya, bisa menambahkannya dengan es juga sirup sesuai selera. Namun rata-rata warga Makassar menyukai sirup lokal rasa pisang ambon (DHT) dilumuri di melawan es pisang ijo.

Kesejukan kuah santan dingin berlumuran sirup, berhasil melegakan dahaga seharian berpuasa. Ditambah lagi juga empuknya pisang ijo bisa melapis perut yang kosong. Tentu, semua tersebut menjadi menu andalan berbuka puasa.

"Saya kalau berbuka puasa paling cari es pisang ijo. Soalnya enak melegakan haus dengan lapar. Selain saya, suami serta anak-anakku begitu juga senang disajikan es pisang ijo seumpamanya berbuka puasa," jawab Enno warga Jalan Ranggong, Senin (29/6/2015).

Pedagang es pisang ijo, Rukiah di Cara Kerung-kerung, Makassar, Sulawesi Selatan mengungkapkan, setiap hari jualannya para laku terjual. Adapun biasa orang memesan terlebih dahulu untuk dapat mendapat es pisang ijo.

"Jam tiga sore sejak jualan. Bila lambat atau bukan pesan lebih dulu, biasa tak kebagian. Es pisang ijo laris terjual, sebab saya cuman jual Rp 6.000 per porsinya. Berbeda dengan restaurant atau restoran dalam Makassar, merekapun menjual es pisang ijo seharga Rp 15.000 sesudah Rp 20.000 per porsinya. Biar sedikit untung, dari lancar. Ya sehari mampu bisa keuntungan Rp 300.000," ucapnya.

Adapun trik mencetak es pisang ijo yakni, terlebih dahulu, cuci dengan kukus pisang raja selama lebih kurang sepuluh menit sesudah matang. Sehabis matang, kupas pisang serta sisihkan. Sambil menunggu pisang yang dikukus, blender dua ikat daun pandan luas atau segenggam daun pandan minor dengan air kemudian peras dengan saring.

Campurkan santan kental serta air perasan daun pandan dan tepung beras serta tepung terigu. Masukkan sedikit untuk sedikit sambil diaduk-aduk agar bukan menggumpal. Tambahkan gula dengan pasta pandan, aduk lagi hingga merata.

Kukus adonan pada wadah tahan bertensi tinggi selama 20 menit. Jangan khawatir seandainya adonan kelihatan cair karena nanti akan makin liat selepas dikukus. Seandainya sudah mencapai 20 menit angkat. Ambil segala sendok adonan dengan kepada semacam dadar. Seusai adonan dadar matang angkat dengan dinginkan pada bersua piring.

Sehabis dingin, adonan dadar matang membungkus pisang yang sudah dikukus. Kemudian menciptakan adonan saussantannya. Terlebih dahulu masukkan semua bahan pada panci dan masak serta api kecil. Aduk terus hingga mendidih sampai saus mengental.

Demi menghidangkan, potong-potong pisang ijo lalu taruh dalam mangkuk. Selanjutnya tiriskan beraneka sendok saus santan serta beri beraneka es batu. Siram bermacam sendok sirup DHT atau sirup cocopandan sesuai dan selera dan ditambah susu kental manis secukupnya. Dijamin lezat dan menyegarkan serta mengenyangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar